>Pengantar

>Pengantar

Berikut ini adalah catatan ringkas yang bersumber dari kitab Al-Akhlaq lil banin juz III. Mengingat pentingnya akhlaq bagi kita, maka kami menganggap penting untuk membuat ringkasan ini. Memang akhlaq ini ditujukan untuk banin wal banat, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga berlaku bagi yang sudah dewasa, namun belum mengerti tentang tatakrama.
Kitab ini ditujukan pada anak kecil, mengingat bahwa ketika waktu kita masih kecil, kita tidak diajari bagaimana kita berakhlaqul karimah, maka ketika dewasa pun kita tidak akan jauh berbeda dengan semasa masih kecil. Oleh karena itu pembentukan karakter atau sifat dan atau akhlaq ini penting untuk dilakukan kepada anak semasa masih kecil.
Di dalam literature bahasa jawa kita juga sudah mengenal dengan istilah tepasliro,, yang berarti bahwa segala sesuatu itu kita kembalikan pada diri kita sendiri. Jika kita dicubit terasa sakit, dan tentu kita tidak mau dicubit, maka janganlah kita melakukannya kepada orang lain. Dan jika kita senang ketika kita diperlakukan baik oleh orang lain, maka hendaknya kita dengan senang hati melakukannya kepada orang lain. Jadi Tepaslira ini mengandung makna yang sangat luas dan mendalam dalam hal kita mengamalkan akhlaqul karimah ketika kita berhubungan dengan sesama.
Pentingnya berakhlaqul karimah ini juga diperkuat oleh sabda Nabi “Sesungguhnya aku diutus adalah untuk menyempurnakan semulya-mulyanya akhlaq.
Berdasarkan dari beberapa hal tersebut diatas, kami berniat untuk menghadirkan ringkasan kecil ini. Semoga bermanfaat bagi kita dan kita ajarkan pada anak cucu kita. Sehingga bangsa kita kembali menjadi bangsa yang berbudhi pekerti luhur dan menjadi bangsa yang mendapatkan ridha dari Allah SWT. Amin.
Penyusun

Atho’urrohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s