>Sukses Dalam Hidup Berawal dari Penentuan Visi

>
Kita dalam menjalani hidup haruslah mempunyai visi dan misi yang jelas. Karena jika kita hidup tanpa visi, seperti halnya jika kita berjalan tanpa arah dan tujuan yang jelas. Semakin dini penentuan visi misi tersebutm, maka hasilya akan semakin baik. karena akan berimplikasi pada apa saja yang akan kita lakukan dalam hidup ini.
Belajar dari pengalaman saya yang tidak benar, (dan saya berharap dengan tulisan ini agar Anda tidak sama seperti saya) bahwa saya baru akhir-akhir ini bisa menentukan visi itu). karena itu sampai saat ini, belum ada satu pun yang berarti yang bisa saya raih.
Pertama-tama kita harus menentukan visi. baru setelah itu kita menentukan misi-misi yang mengarah pada pencapaian visi itu.
visi adalah target utama yang igin kita capai. misi adalah langkah-langkah yang bertujuan untuk mencapai visi tersebut. Kemudian dari misi-misi yang sudah ditentukan tersebut, dieksplor menjadi turunan-turunan lagi yang berupa tindakan-tindakan praktis. tindakan-tindakan ini harus bisa menjamis pada kesuksesan pencapaian misi. sehingga meski pelan, gerak kehidupan kita kan tetap fokus mengarah pada satu tujuan yang jelas.
kemudian selain visi misi dan tindakan tersebut, kita juga perlu melakukan analisis diri. dengan mengukur kemampuan diri sendiri, kita kan bisa mengukur seberapa dekat atau jauh jarak kita dengan visi.
Untuk menganalisis diri, kita bisa menggunakan analisis SWOT. Yakni kita mengukur kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan.
Pertama,Kekuatan. Kekuatan berarti kita mempunyai kelebihan apa saja yang bisa kita gunakan sebagai kekuatan untuk melangkah. dan hendaknya kekuatan ini kita kembangkan terus menerus. Kedua adalah kelemahan. Penting juga bagi kita untuk mengetahui kelemahan apa saja yang ada pada diri kita yang bisa memperlambat kita dalam melangkah. untuk apa kita mengetahui kelemahan diri ini, tidak lain adalahuntuk meminimalisir kelemahan itu atau bahkan menghilangkannya sama sekali. yang ke tiga adalah peluang. tentu saja peluang ini ada di luar pribadi kita. peluang yang diciptakan oleh keadaan di luar kita, yang bisa memudahkan kita dalam pencapaian visi. kemudian yang ke empat adalah hambatan. tidak kalah pentingnya adalah kita mengidentifikasi hambatan-hambatan yang menghadang langkah kita. dan ini bertujuan untuk mencari jalan keluarnya.
sehingga dengan beberapa langkah yang sistematis tersebut diatas pencapaian kita pada kesuksesan akan lebih realistis dan terukur. dan menjadikan kita lebih berpeluang untuk sukses. Karena kesuksesan adalah HAK setiap ORANG.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s